Setelah beberapa waktu, akhirnya saya bebersih juga. Salah satunya adalah penggabungan group HTML dan CSS Indonesia.

HTML dan CSS Indonesia

Alamat


Pengumuman

Penghapusan dan Penggabungan Group

Rekan-rekan semua, yang saya sayangi 😁.

Demi pengelolaan group yang lebih baik, maka saya akan menghapus group @css_tools_id, dan menggabungkan ke group @htmlindonesia, dan karena itu juga mengubah alamat group menjadihtml_css_id, dengan perubahan judul pula menjadi HTML dan CSS Indonesia. Ini disebabkan karena pembelajaran HTML dan CSS adalah dua hal yang tidak terpisahkan.

Group @css_tools_id (Pecinta CSS Tools Indonesia), akan dibekukan sementara waktu, sebelum akhirnya saya tutup sebelum akhir tahun. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk mengarsipkan hal-hal yang diperlukan di dalam group ini.

Latar Belakang

Di awal saya membuat group di telegram, saya merasa perlu untuk mengikuti filosofi berikut

semua ada tempatnya, dan semua pada tempatnya

Karena itu dibikinlah berbagai group supaya semua topik mendapat tempat masing-masing.

Group ini juga tidak perlu di-ekspose keberadaanya karena saya percaya hal berikut

kualitas di atas kuantitas

Tidak ada gunanya group yang banyak anggota, kalau diskusi tidak berjalan dengan baik.

πŸ€”

Saya merasa group-group yang ada di jangkauan saya perlu diperbaiki pengelolaannya, supaya lebih bermanfaat bagi anggotanya.

Diskusi

Ada beberapa faktor yang membuat diskusi berjalan dengan baik πŸ•ΊπŸ».

  1. Admin Figur para admin yang bertanggungjawab.

  2. Anggota Saling bantu antar anggotanya. Tidak searah materi dari admin saja. Dan tidak juga searah, anggota hanya minta dibantu untuk dipecahkan masalahnya, tanpa niat membantu yang lain.

  3. Kontributor Adanya materi yang cukup untuk menjawab pertanyaan dasar yang berulang.

  4. Pemecahan Masalah: Problem Solving, biasanya adalah alasan utama seseorang masuk group. Untuk memecahkan suatu masalah, perlu kejelian untuk membaca masalah. Diskusi sendiri hanyalah salah satu cara untuk mencari solusi, baik mendapatkan penyelesaian utama maupun memancing temuan berupa penyelesaian alternatif.

  5. Topik: Topik yang menarik adalah hal yang sangat situasional, berbeda di tiap group. Di suatu group bisa jadi yang menarik adalah canda tawa yang tidak terkait sama sekali dengan materi group. Sedangkan di group lain bisa jadi yang menarik adalah hal yang bersifat teknis.

Materi

Setelah sekian lama, saya baru sadar bahwa yang dibutuhkan adalah materi. Walaupun ini bukan faktor utama bagi keberhasilan pengelolaan group. Maka sebetulnya tidak diperlukan terlalu banyak group, namun yang diperlukan adalah lebih banyak materi 😜.

Dan perlu diingat pula kalau group yang terlalu khusus akan sepi, ini berarti pembikinan materi akan sia-sia, karena ilmunya tidak berhasil me-leverage ilmu dari orang yang membutuhkan. Yang bisa jadi justru berada di group yang lain.

Group yang ramai bukanlah tujuan utama. Bahkan materi yang lengkap dapat membuat group menjadi sepi, karena kalau sudah ada jawaban lengkap atas suatu topik, maka diskusi cenderung berhenti.

Group Lain

Saya sadar akan keberadaan group-group lain yang mirip dan bahkan memiliki nama yang hampir sama, dan terjadi duplikasi topik. Hal ini memerlukan silaturahmi antar admin yang akan dilakukan kemudian. Yang saya bayangkan adalah group @html_css_id adalah sebagai pintu masuk paling dasar, sebelum dapat belajar hal yang lebih lanjut di group lain.

Penutup

Mengelola group membutuhkan pembelajaran. Ilmu selalu berkembang. Belum tentu yang saya lakukan tepat. Apa yang hari ini dirasa tepat, bisa jadi perlu diubah dari waktu ke waktu, sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan yang berubah dari masa ke masa. Setidaknya saya mencoba.

πŸ™‡πŸ»β€β™‚οΈ

Semoga langkah pengelolaan yang saya lakukan ini bermanfaat bagi anggota group.

Sekian πŸ™πŸ½.