Artikel Terkait

Artikel-artikel di bawah ini didedikasikan kepada, rekan-rekan karyawan yang berdinas sebagai staff admin, seperti saya.

Artikel terkait.

dasar tukang pamer! beginian ajah dijadiin artikel!

Prakata

Berantakan itu nyebelin.

Bukan karena aku COD (compulsive obsessive disorder). Bukan karena kamu gak ada yang ngajarin. Namun karena memang kamu nyebelin.

Daftar Isi

Kebutuhan Pribadi yang Hakiki

Pernah gak sih kamu, ngurus surat di RT, RW, kelurahan dan kecamatan, trus kamu dikasih template berkas, tapi berkasnya gak rapi? Ya gpp-lah, udah sukur kamu dikasih template, supaya gak perlu ngetik dari awal.

Tapi sebagai manusia homo sapiens yang modern , kamu gak mau dunk, kalo tampilan surat-menyurat kamu gitu-gitu ajah. Gak mesti profesional looks banget sieh, tapi paling endak mbok yao.. yang gak acak adul gitu loh..

Surat Menyurat di Kantor

Omong-omong soal tampilan rapi. Kalo di kantor, ini bukan masalah selera si bos. Tapi emang keharusan, setidaknya untuk bikin surat yang gak malu-malu-in.

Apa coba kata customer, kalo liat surat kita berantakan. Dah gak perlu audit lagi dah... Ketauan bakal gimana kalo kerjasama, surat-surat bakal ilang.


Contoh Kasus: Surat Kuasa

Perpanjangan STNK

Kebetulan aku lagi mau perpanjangan STNK bro.

Template: Tabular

Template aslinya begini: Sudah cukup keren khaaaan..

Surat Kuasa: Perpanjangan STNK: Tabular

Sekarang lihat yuuuks... Kalau kita nyalain tanda character-marks-nya

Surat Kuasa: Perpanjangan STNK: Tabular Marks

Nah sekarang, gimana kalo kita edit dikit-dikit. Tambahin alamatnya, supaya panjangan dikit.

Surat Kuasa: Perpanjangan STNK: Tabular Berantakan

Loh koq jadi berantakan...? Nah ini nih masalahnya kalo apa-apa-nya kita atur dengan tab.

Template: Tabel

Naaah.. sekarang bikin yuuks, versi tabel-nyah. Gampang koq, gak perlu kursus. Bikin sendiri juga bisa, yang penting berani nyobak. Hasilnya kira-kira gini nih.

Surat Kuasa: Perpanjangan STNK: Tabel Berbatas

Akan kliatan lebih bersih kalok, batas-batas-nya di-ilangin bro.

Surat Kuasa: Perpanjangan STNK: Tabel Bersih

Dan lebih mudah di-edit pulak.


Contoh Kasus: Tanda Tangan

Nah ini lagi, hampir di semua surat yang aku dapet, rata-rata bikinnya pakai spasi, berantakan banget cing... (aku lagi ngomong sama kucing).

Tanda Tangan: Tanpa Spasi

Ini contoh yang gak begitu parah. Mungkin karena yang bikin, gak sempet bikin spasi, supaya center.

Surat Kuasa: Tanda Tangan: Tanpa Spasi

Kita liat yuuks dengan character marks.

Surat Kuasa: Tanda Tangan: Tanpa Spasi: Marks

Ooo... kini kusadari ini salahku... tak ingin kuterlambat dan sesali.

Tanda Tangan: Tabel

Rapi-rapi dulu, gak betah hidup berantakan.

Bandingin cobak, sama versi tabel kek di bawah ini:

Surat Kuasa: Tanda Tangan: Tabel Berbatas

Hasil cetaknya kira2 begini cing. (ngomong sama kucing lagi).

Surat Kuasa: Tanda Tangan: Tabel Bersih

Lebih mudah diatur center-nya khaaaaan...

Unduh Berkas

Kalau wan kawan mau, berkas tadi bis di-donlot looh. Kebetulan aku bikin pakai LibreOffice, tapi aku simpan ke dua jenis berkas:


Pengaturan Baku

Persisten: Atur panjang kolom.

Maap-maap yacc, berhubung sudah mau ngomongin kantor, bahasaku berubah jadi serius.

Kalau mau betul-betul rapi, mesti telaten, tekun, dan teliti. Kalau bisa panjang kolom yang angkanya bulat. Mari kita lihat tabel di surat kuasa di atas.

Berikut contoh di LibreOffice, dibuka dengan table properties:

LibreOffice: Panjang Kolom di Tabel: Inci

Di atas pengaturan dalam ukuran inci. Berikut kalau kita buka lagi dalam ukuran centimeter.

LibreOffice: Panjang Kolom di Tabel: Centimeter

Sebetulnya aku lebih suka pengaturan dalam centimeter. Karena aku orang Indonesia khan pakai sistem metrik toh.

LibreOffice: Pengaturan Unit di Writer

Masalahnya aku baru tau kalo pengaturannya bisa dibikin ke centimeter. Jadi sudah beberapa tahun2, pengaturan surat di kantorku, hmmm... dalam inci semua. #beuh... nyebelin yacc....


Contoh Surat Resmi

Berikut contoh surat resmi. Walaupun isinya untuk pajak, namun bisa untuk surat apa saja.

Surat Resmi: Pajak

Silahkan pakai. Mangga atuh kang.

Unduh Berkas

Pakai saja bang... Mumpung gratis.

Udah ya. udah malem. Cape nulis.


Contoh Kontrak Dua Bahasa

Wait, tunggu bentar ada yang ketinggalan. Aku dulu bikin kontrak, dan mesti dua bahasa. Kira-kira bentuknya begini nih:

Surat Resmi: Pajak

Nah, ini juga bisa di-rapi-in nih.

Surat Resmi: Pajak

Coba kita lihat hasil akhirnya tanpa batas tabel.

Surat Resmi: Pajak

Mau rapi apa kagak, terserah eluh. Gw cuman ngasih contoh yacc. Kalau aku sih, udah bisa nulis aja sudah hepi.

Kekurangan Tabel

Begitulah, tabel dapat merapikan banyak hal, namun jangan dipaksa, terutama saat memakai numbering.


Apa Selanjutnya?

Aku gak tau mesti ngomong apa... Kalau nyanyi aku bisa, kalau disuruh ngobrol aku suka bingung.

Salah satu barang wajib yang mesti dikenal admin adalah inkscape. [Inkscape - Mengenal Inkscape].