Prakata

Menata tampilan, ukuran unit, group, indentasi, font, warna, border.

Hal-hal kecil yang membuat laporan kita lebih manis, yaitu group, indentasi, dan font.

Pakai fitur sebaik-baiknya, namu jangan dipaksakan.

Daftar Isi

Unduh Berkas

Bebas diubah, bebas dipakai

Saya hanya ingin memudahkan orang. Itu saja.

Lembar kerja spreadsheet tersedia, supaya teman-teman bisa copy-paste.


Group

Kita dapat membuat laporan kita ke bos, lebih mudah dibaca, dengan melakukan grouping untuk tiap-tiap bagian.

Kita dapat membuat satu, dua level atau lebih sesuai kebutuhan. Dan ini saya pakai untuk laporan dalam keseharian di kantor.

Example 1

Ini contoh paling sederhana hanya dua level. Saya biasanya memakai ini untuk, mendata berkas-berkas legal di kantor.

Ini bentuk ringkasannya.

Lembar Kerja: Format Group: Collapsed

Dan dengan menekan satu tombol, kita dapat melihat semua rinciannya.

Lembar Kerja: Format Group: Expanded

Keren khaaaaan.

Pakai yuuks, terapkan di lembar kerja masing2.

Example 2

Ini contoh untuk banyak tingkat level. Saya memakai gradasi warna untuk contoh, walaupun sebetulnya saya lebih suka tanpa warna.

Tingkat Level 1: Ringkasan semuanya

Lembar Kerja: Format Group: Level One

Tingkat Level 2: Secara gambar sebetulnya level tiga. Namun biarin ah, kerenan begini.

Lembar Kerja: Format Group: Level Two

Tingkat Level 3: In kelihatan semuanya.

Lembar Kerja: Format Group: Level Three

Kira-kira begitulah kura-kura. Dicoba saja sendiri. Asik koq.

Kekurangan dari group adalah, baik excel maupun calc suka error, dalam peletakan gambar di dalam group.


Indentasi

Fitur indentasi sudah ada di excel sejak jaman djadoel dahulu kala.

Indentasi dengan Kolom

Untuk beberapa situasi leboh mudah bermain dengan kolom. Di gambar di bawah, saya tampilkan juga ukuran untuk tiap2 kolom.

Lembar Kerja: Format Indent: Berdasar Kolom

Indentasi dengan Feature Indent

Dengan cara indentasi juga bisa dengan tombol button berikut:

Lembar Kerja: Format Indent:

Kalau tidak jelas tombol button berikut, maka kita dapat menggunakan icon font jaka karasa bawaan libreoffice. Icon ini asli bikinan teman2 di dalam negri loh.

Lembar Kerja: Format Indent:

Hasil indentasinya seperti ini:

Lembar Kerja: Format Indent:


Font

Jangan lupa di-embed ya bro font-nya.

Saya tidak ingin masuk ke ranah politik, mengenai monopoli font oleh Arial atau sejenisnya. Saya memilih font karena kebutuhan.

Supaya font di keuangan rata, saya memakai Inconsolata. Dik gambar di bawah saya sertakan pula, font-font lain sebagai perbandingan.

Lembar Kerja: Format Font: Inconsolata

Kalau kawan-kawan punya font yang lebih cocok, mohon share juga ya.


Apa Selanjutnya?

Pelajaran mewarnai tentunya akan lebih menarik.

Lanjut baca yuk. [Lembar Kerja - Tata Warna].