Prakata

Menata tampilan, ukuran unit, group, indentasi, font, warna, border.

Penampilan itu soal warna selera. Kalau saya sukanya warna cerah. Yang kebetulan sesuai juga dengan hasil cetak di kertas putih.

warna setipis mungkin, border selembut mungkin, setidaknya lebih hemat di tinta.

Daftar Isi

Unduh Berkas

Bebas untuk digunakan

Lembar kerja spreadsheet tersedia, supaya teman-teman bisa copy-paste.


Pallete

Camkan itu!

Mengapa tata warna perlu dibahas. Karena saya pernah melihat laporan yang begitu penting, diabaikan karena tampilannya sangat asal-asal-an. Kesan yang saya tangkap adalah kerja orang itu, asal-asal-an juga jadinya.

Kerja kerasmu diuji di tampilan akhir.

Excel maupun Calc memiliki kolesi palet warna yang berbeda. Namun hasil akhirnya dapat dipakai di kedua tempat tersebut. Kebetulan saya tidak pernah memakai windows sejak tahun 2011, maka saya tidak tahu pallete apa yang ada di excel. Mungkin suatu saat saya bisa meminjam komputer kantor, untuk menjelajahi lebih jauh.

Syukurnya LibreOffice Calc memiliki banyak pallete, salah satunya adalah material color. Kawan-kawan dapat memilih palette kesukaan kawan-kawan, untuk kepuasan pribadi.

Material

Pilihan Koleksi

Hidup adalah pilihan. Yang sedih itu kalau tidak tahu kalau pilihan ada di depan mata..

Saya telah menjadi fans dari Material Colors. Saya telah memakai palet dari material color besutan google ini, untuk berbagai macam project, mulai dari kustomisasi desktop, desain di inkscape, tampilan blog di web, lalu selanjutnya adalah dan seterusnya, lanjut dan sebagainya.

Tiap warna memiliki kode warnanya sendiri, supaya memomrable mudah diingat, dan jadinya mudah dipakai.

Salah satunya adalah tampilan lembar kerja spreadsheet sebagaimana gambar berikut:

Lembar Kerja: Format Warna: Contoh Material

Sebetulnya saya kurang suka meng-abuse warna. Kalau semuanya diberi warna jadinya terkesan kusam. Namun tetap saja saya tampilkan seperti ini, supaya kelihatan semua, sebagai contoh penggunaan, warna palet dari material color.

Di LibreOffice Calc. Kita dapat meng-akses warna ini di color picker.

Lembar Kerja: Format Warna: Material Pallete

Saking seringnya saya memakai material color, saya sampai merasa sudah saatnya saya moved on. Saya sudah mencoba pallete lain, dan tidak mudah mengingatnya entah kenapa. Kalau ada yang tahu pallete lain yang bagus, sekaligus cara penggunaanya, mohon share yacc..

Contoh Satu

Warna selang-seling untuk kepuasan pribadi.

Ini contoh yang lebih nyata, yang masih penuh warna. Menariknya dari material color adalah, kita bisa memilih tone warna. Misalnya biru untuk sales invoice, dan teal untuk purchase invoice.

Supaya lebih jelas saya berikan kode warnanya, dan sekaligus saya kosongkan isinya, supaya kita dapat lebih melihat warnanya.

Lembar Kerja: Format Warna: Contoh Jurnal Invoice

Seperti kita lihat di gambar di atas, salah satu yang membuat warnanya menjadi eye catchy, adalah selang-selingnya itu sih. Bisa juga memakai warna gelap dengan text putih, namun ini bakal boros tinta, yaitu saat kita berhadapan dengan atasan yang masih butuh mencetak.

Biasanya saya memakai pola warna ini, untuk laporan-laporan internal atau pekerjaan pribadi, yang tentunya dapat lebih bebas memilih selera.

Contoh Dua

Less is more: Tanpa warna untuk kinerja kantor.

Ketika berhadapan dengan hal yang lebih resmi, misalnya untuk atasan, atau instansi di luar kantor, saya akan memilih warna lain, yang lebih netral.

tidak berlebihan dalam mewarnai kalau perlu tanpa warna sekalian

Lembar Kerja: Format Warna: Contoh Legal

Sebetulnya, ada warnanya, namun saya pindahkan ke border.

Tips: Entah mengapa saat melakukan desain, saya suka menampilkan banyak elemen, namun ditampilkan sesedikit mungkin. Ramai dalam kesederhanaan.


Sheet Tab

Memudahkan Pekerjaan

Ketika sudah berhadapan dengan belasan sheet, mata kita yang terbatas perlu dibantu dengan tata warna di tab sheet.

Selang-Seling

Misalnya saja laporan bulanan, yaitu neraca (balance sheet) dan rugi laba (profit loss). yang saya bikin tiap bulan, dari tahun ke tahun, untuk dilaporkan ke atasan.

Lembar Kerja: Format Warna: Selang-Seling

Atau catatan harian, yaitu pasangan opnam kas dan buku kas, yang mesti saya kerjakan hari demi hari, walapun laporan akhirnya hanya perlu seminggu sekali.

Lembar Kerja: Format Warna: Selang-Seling

Warna putih, menandakan lembar kerja yang sedang aktif.

Gradasi

kalau tidak terstruktur bisa juga dengan gradasi, misalnya:

Lembar Kerja: Format Warna: Gradasi

Seksi baru dapat kita bedakan dengan warna yang berbeda.

Lembar Kerja: Format Warna: Gradasi

Mengubah warna

Mengubah warna dapat dilakukan dengan, melakukan klik kakan pada tab, lalu pilih menu `Tab Color'

Lembar Kerja: Format Warna: Menu

Berikutnya kita pilih warna yang sesuai dengan pallete.

Lembar Kerja: Format Warna: Pallete

12 Bulan

Keterbatasan Gradasi

Bagaimana dengan dua belas bulan, padahal gradasinya hanya sepuluh. Ya dibagi dua saja, namun warnanya dilongkap, misalnya

  • Jan: Teal50
  • Feb: Teal200
  • Mar: Teal400
  • Apr: Teal500
  • Mei: Teal700
  • Jun: Teal900
  • Jul: Teal50
  • Ags: Teal200
  • Sep: Teal400
  • Okt: Teal500
  • Nov: Teal700
  • Des: Teal900

Sangat menarik untuk melihat hasilnya dalam tampilan yang cerah, dan menyenangkan. Silahkan dicoba sendiri.

Sementara itu, mari kita lihat hasilnya di dark mode:

Lembar Kerja: Format Warna: 12 Bulan

Saya rasa ini sudah banyak, saya sudahi dahulu, kita akan lanjut ke border.


Apa Selanjutnya?

Pelajaran menggarisi juga menyenangkan.

Lanjut baca yuk. [Lembar Kerja - Garis].