Prakata

Praktek merancang kolom tabel dengan merge cell.

Hari ini. Masih tanpa warna.

Kita masih harus berpraktek. Setelah pembukuan bukti kas keluar dan masuk dari bank. Kita lanjut ke pencatatan mutasi keuanganan bulanan untuk tiap-tiap akun.

ini bukan artikel akuntansi

Saya akan membahas akuntansi di artikel berseri tersendiri.

Daftar Isi

Unduh Berkas

Dimudahkan, supaya siap.

Lembar kerja spreadsheet tersedia, supaya teman-teman bisa copy-paste.


Mutasi

Gambaran Besar

Kalau tidak ada di ringkasan, berarti tidak ada di ordner.

Memang lembar kerjanya besar, panjang dan lebar

Mari kita lihat contoh kasusnya terlebih dahulu.

Lembar Kerja: Mutasi: Tabel Isian

Di sini kita dapat melihat ada rincian tabel, di dalam tabel yang besar. Untuk itu kita perlu melakukan rincian kolom.

Pengaturan

Berhubung lembar kerja saya panjang saya perlu melakukan scaling.

Lembar Kerja: Mutasi:

Hasil cetak di bawah 70%, hurufnya terlalu kechil untuk dilihat. Maka saya akali dengan margin.

Lembar Kerja: Mutasi:

Ukuran Unit

Secara garis besar, ukuran unit yang saya berikan adalah seperti ini. Karena lebar, maka hurufnya terlalu kecil.

Lembar Kerja: Mutasi: Lebar

Marikita besarkan tampilannya. Secara khusus, ukuran untuk rincian ada sendiri:

Lembar Kerja: Mutasi: Sempit

Sementara lainnya juga sudah saya siapkan.

Lembar Kerja: Mutasi: Freeze

Zoom

Kalau mau di-zoom-out supaya tampil seluruh alamat cell, Maka hasilnya seperti ini.

Lembar Kerja: Mutasi: Zoom Out

Supaya lebih jelas, saya berikan tampilan khusus rincian, dilengkapi dengan grid, supaya jelas mana rata kiri, dan mana rata kanan.

Lembar Kerja: Mutasi: Zoom In

Ya inilah, pekerjaan saya sehari-hari seorang admin.

Cetak

Summary

Saya sudah terbiasa membedakan hasil cetak, dengan table isian data entry. Hal ini karena saya merasa perlu membikin ringkasan summary, saat mengelola hardcopy yang tebal di dalam ordner.

Cara membikinnya juga mudah, cukup gandakan saja berkas data isian, lalu copy paste dari format, yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.

Bagian ringkasan ini saya cetak, biasanya saya sampai berlembar-lembar, karena transaksinya cukup banyak. Kemudian saya taruh di bagian depan ordner, jadi orang langsung tahu apa saja isi ordner tersebut.

Lembar Kerja: Mutasi: Cetak: Export

Kita juga dapat langsung melihat tangkapan layar, khusus untuk rincian, suapay ada bayangan hasil cetaknya seperti apa. Semua garis panduan saya hilamngkan, karena setelah data entry, sudah tidak diperlukan lagi.

Lembar Kerja: Mutasi: Cetak: Screenshot

Cukup menarique sebetulnya. Namun ini tergantung selera masing-masing.


Apa Selanjutnya?

Form cantique. Mari kita baca artikelnya.

[Lembar Kerja - Rancang Form].