Prakata

Menata tampilan, ukuran unit, group, indentasi, font, warna, border.

Saya membedakan tampilan untuk data entry sehari-hari, yang sebisanya sederhana tidak banyak formatting. Dan berikutnya untuk versi cetak di summary ordner, yang biasanya sengaja saya bikin cantique menarique. Terakhir untuk laporan resmi, yang sebaiknya tidak perlu banyak dekorasi.

Mungkin ada kegunaan yang lain, karena saya tahu pengalaman saya juga belum banyak, namun tiga inilah corak pemanfaatan yang saya tahu.

Daftar Isi

Unduh Berkas

Bebas untuk digunakan

Lembar kerja spreadsheet tersedia, supaya teman-teman bisa copy-paste.


Data Entry Sederhana

Cara cepat di libreoffice calc, untuk melakukan pemformatan border, adalah dengan menggunakan tombol button di bawah ini:

Lembar Kerja: Format Border: Button

Contoh data entry yang umum yang saya gunakan di keseharian adalah saldo kas yang berisi debit atau kredit.

Lembar Kerja: Format Border: Export

Mungkin akan enak kalau saya sekalian berikan rumusnya, karena tabel form isian data ini banyak yang perlu:

Lembar Kerja: Format Border: Screenshot

Zoom 2x

Bebas saja sih.

Kalau mau dianalisa, saya memakai border dengan warna lunak di tengah, supaya membedakan dengan border keras di pinggir.

Kita memerlukan border di tengah, untuk membantu mata kita tetap berfokus, di baris yang sedang kita tangani.

Biasanya warna yang saya pakai adalah gray500 atau gray300. Kebetulan saya tidak terpaku dengan satu warna.

Lembar Kerja: Format Border: Zoom Bigger

Untuk border lainnya saya tidak ingin menjelaskan, supaya kawan-kawan bebas berkreasi.


Cetak Cantique

Kalau mau border yang lebih cantik, maka kita perlu mengatur warna:

Lembar Kerja: Format Border: Pallete

Mari kita tampilkan tabel form di atas dalam tampilan yang berbeda.

Lembar Kerja: Format Border: Screenshot

Tampilan ini yang saya pakai untuk jurnal. Bedanya di jurnal biasanya saya masukkan hal-hal, yang tidak ada di kas dan bank, misalnya penyusutan.

Zoom 2x

Kalau mau dianalisa lagi. Saya menghilangkan semua border lunak di tengah, karena saya sudah tidak membutuhkan penanda lagi.

Warna yang saya pakai adalah blue500 atau blue300. Tipis saja sudah cukup.

Lembar Kerja: Format Border: Zoom Bigger

Selanjutnya terserah kawan-kawan untuk berkreasi. Karena saya juga membutuhkan gagasan-gasan lain yang mengilhami.


Laporan Resmi

Di laporan resmi, saya mengurangi jumlah warna background. Sebagai penggantinya, warna ini saya pindah menjadi border.

Lembar Kerja: Format Border: Export

Zoom 2x

Lihat sendiri

Hasilnya dapat dilihat sendiri. Tidak perlu dianalisa pasti sudah paham sendiri.

Lembar Kerja: Format Border: Zoom Bigger


Apa Selanjutnya?

Lanjut baca yuk. [Lembar Kerja - Rumus Dasar].